Turnamen sepak bola Piala AFF 2018 yang akan digelar mulai Kamis, 8 November 2018, akan menyertakan para wasit, asisten wasit, dan pengawas pertandingan asal Indonesia. Indonesia kala ini udah mempunyai lima wasit berlisensi FIFA, yaini Thoriq Munir Alkatiri, Musthofa Umarella, Yudi Nurcahya, Oki Dwi Putra dan Dwi Purba Adi Wicaksana. Selain itu, tersedia tujuh asisten wasit berlisensi FIFA, termasul Agus Prima Aspa, Beni Andriko, Nurhadi, dan Bangbang Syamsudar.

Beberapa di antara mereka mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan di Piala AFF tahun ini. Thoriq Alkatiri ditemani dua asisten wasit Nurhadi dan Bangbang Syamsudar akan jadi pengadil untuk laga Laos kontra Vietnam yang digelar Kamis malam di Stadion Nasional Laos. Selain mereka bertiga, pertandingan selanjutnya termasuk melibatkan pengawas pertandingan (match commissioner) asal Indonesia, Asep Saputra.

Menurut Berita Sepakbola Hari ini, Thoriq dan beberapa wasit serta asisten wasit selanjutnya memang biasa bertugas pada persaingan sepak bola kasta tertinggi Tanah Air, Go-Jek Liga 1 2018. Nama-nama mereka pun udah akrab terdengar oleh publik sepak bola Indonesia sebab ketegasannya dalam memimpin pertandingan.

Thoriq, contohnya, udah meraih lisensi FIFA sejak 2014. Pria 29 tahun selanjutnya memang dikenal sebagai salah satu pengadil paling baik yang dimiliki Indonesia kala ini. Tak cuma itu, Pria asal Purwakarta ini termasuk jadi satu-satunya wasit asal Indonesia yang meraih kategori elite referee.

Status selanjutnya (elite referee) menjadikan Thoriq masuk dalam jajaran elite wasit AFC. Hal ini berarti, Thoriq udah bisa bertugas pada pertandingan besar di persaingan level Asia, seperti Piala Asia atau Liga Champions Asia. Selain Thoriq, Oki Dwi Putra termasuk akan bertugas di Piala AFF. Wasit asal Bandung berusia 35 tahun itu akan jadi pengadil pertandingan Myanmar melawan Kamboja di Stadion Mandalar Thiri, Senin, 12 November.

Sementara itu pengawas pertandingan (match commissioner) Indonesia, Asep Saputra yang tiap tiap harinya berprofesi sebagai manajer persaingan PT Liga Indonesia Baru (LIB) itu, termasuk akan jadi pengawas pertandingan Piala AFF antara Kamboja dan Laos di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Selasa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *